A.
Penilaian
Sikap
1. Gradasi/Taksonomi
Sikap (Attitude: Krathwohl)
Menerima
-> menanggapi->menghargai->menghayati->mengamalkan
Penilaian
sikap dilakukan untuk mengetahui kecendrungan perilaku spiritual dan sosial siswa
di dalam dan luar kelas sebagai hasil pendidikan.
2. Teknik
dan Instrumen Penilaian Sikap
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Keterangan
|
Observasi
|
Daftar cek
Skala
penilaian sikap
|
Dilakukan selama proses pembelajaran.
|
Penilaian
diri
|
Daftar cek
Skala
penilaian sikap
|
Dilakukan pada akhir semester.
|
Penilaian
antar peserta didik
|
Daftar cek
Skala
penilaian sikap
|
Dilakukan pada akhir semester, setiap pesesrta didik dinalai oleh 3
siswa.
|
Jurnal
|
Catatan
pendidik berisi informasi tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik
|
Berupa catatan guru tentang kelemahan dan kekuatan peserta didik yang
tidak berkaitan dengan mata pelajaran.
|
3. Hasil
Pengolahan Nilai Sikap
Hasil
penilaian pencapaian sikap dalam bentuk
deskripsi.
Deskripsi
sikap terdiri atas keberhasilan dan/atau ketercapaian sikap yang diinginkan dan
sikap yang belum tercapai yang memerlukan pembinaan dan pembimbingan.
Deskripsi
dalam bentuk kalimat positif, memotivasi
dan bahan refleksi
Contoh
Deskripsi Sikap
Sikap Spiritual
Selalu
bersyukur dan berdoa sebelum melakukan kegiatan serta toleransi yang baik pada
agama yang berbeda; ketaatan beribadah mulai berkembang.
Sikap
Sosial
Memiliki
sikap santun, disiplin, dan tanggung jawab yang baik, responsif dalam
pergaulan; sikap kepedulian mulai meningkat.
B.
Penilaian
Pengetahuan
1. Proses
Kognitif
a.
C1; mengingat (remember), mengingat
kembali pengetahuan dari memorinya.
b.
C2; memahami (understand),
mengkonstruksi makna dari pesan baik secara lisan, tulisan, dan grafis.
c.
C3; menerapkan (apply), penggunaan
prosedur dalam situasi yang diberikan atau situasi baru.
d.
C4; menganalisis (analysis), penguraian
materi ke dalam bagian-bagian dan bagaimana bagian-bagian itu saling
berhubungan satu sama lain dalam keseluruhan struktur.
e.
C5; mengevaluasi (evaluate) membuat
keputusan berdasarkan kriteria dan standar.
f.
C6; mengkreasi (create) menempatkan
elemen-elemen secara bersamaan ke dalam bentuk modifikasi atau mengorganisasi
elemen-elemen ke dalam pola baru (struktur baru).
2. Dimensi
Pengetahuan
a.
Pengetahuan faktual; pengetahuan
terminologi atau pengetahuan detail yang spesifik dan elemen.
b.
Pengetahuan konseptual; pengetahuan yang
lebih kompleks berbentuk klasifikasi, kategori, prinsip dan generalisasi.
c.
Pengetahuan prosedural; pengetahuan
tentang bagaimana melakukan sesuatu.
d.
Pengetahuan metakognitif; pengetahuan
tentang kognisi, merupakan tindakan atas dasar suatu pemahaman, meliputi
kesadaran berpikir dan penetapan keputusan tentang sesuatu.
3. Proses
dan Hasil Penilaian Pengetahuan
a.
Nilai pengetahuan diperoleh dari hasil
penilaian harian selama satu semester, penilaian tengah semester dan penilaian
akhir semester
b.
Nilai akhir pencapaian pengetahuan
rerata dari hasil pencapaian kompetensi setiap KD selama satu semester.
c.
Nilai pada rapor ditulis dalam bentuk
angka skala 0 – 100 dan dilengkapi dengan deskripsi singkat kompetensi yang
menonjol/tertinggi dan terendah berdasarkan pencapaian KD selama satu semester
d.
Deskripsi nilai didasarkan pada nilai
tertinggi dan terendah pada capaian KD per semester
4. Teknik Penilaian Pengetahuan
Teknik Penilaian
|
Keterangan
|
Tes tulis
|
Memilih jawaban (pilihan ganda, dua pilihan
benar-salah, ya-tidak), menjodohkan, sebab-akibat.
Mensuplai jawaban (isian atau melengkapi, jawaban
singkat atau pendek, uraian).
|
Tes Lisan
|
Soal
/ pertanyaan yang menuntut siswa menjawab secara lisan (formatif tes)
|
Penugasan
|
Tugas
yang dilakukan secara individu atau kelompok.
|
C.
Penilaian
Keterampilan
1. Dimensi
Keterampilan
Keterampilan abstrak: K-1
Mengamati, K-2 Menanya, K-3 Mencoba, K-4 Menalar, K-5 Menyaji, K-6 Mencipta
Keterampilan Konkrit:
a. Persepsi
(perception): perhatian untuk melakukan suatu gerakan.
b. Kesiapan
(set): kesiapan mental dan fisik untuk melakukan suatu gerakan.
c. Meniru
(guided response): gerakan secara terbimbing.
d. Membiasakan
gerakan (mechanism): gerakan mekanistik
e. Mahir
(complex or overt response): gerakan kompleks dan termodifikasi.
f. Menjadi
gerakan alami (adaptation): gerakan alami yang diciptakan sendiri atas dasar
gerakan yang sudah dikuasai.
g. Menjadi
tindakan orisinal (origination): gerakan baru yang orisinal, sukar ditiru orang
lain, dan menjadi ciri khasnya.
2. Proses
dan Hasil Penilaian Keterampilan
a. Hasil
penilaian pada setiap KD keterampilan
adalah nilai optimal dengan teknik dan objek KD yang sama.
b. Penilaian
KD keterampilan yang dilakukan dengan dua teknik penilaian seperti proyek dan produk atau praktik dan produk,
maka nilai KD dapat dirata-rata.
c. Nilai
akhir keterampilan pada setiap mata pelajaran adalah rerata dari semua nilai KD
keterampilan dalam satu semester.
d. Penulisan
capaian keterampilan pada rapor menggunakan angka pada skala 0 – 100, predikat
dan deskripsi singkat capaian kompetensi
3. Teknik
dan Bentuk Penilaian Keterampilan
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Unjuk kerja/ kinerja / praktik
|
·
Daftar cek, dengan menggunakan daftar cek, peserta didik mendapat
nilai bila kriteria penguasaan kompetensi tertentu dapat diamati oleh
penilai.
·
Skala Penilaian (Rating Scale). Penilaian kinerja yang
menggunakan skala penilaian memungkinkan penilai memberi nilai tengah
terhadap penguasaan kompetensi tertentu, karena pemberian nilai secara
kontinum dimana pilihan kategori nilai lebih dari dua.
|
Projek
|
·
Penilaian projek dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai
pelaporan.
·
Untuk menilai setiap tahap perlu disiapkan kriteria penilaian atau
rubrik.
|
Produk
|
·
Daftar cek atau skala penilaian (rubrik)
|
Portofolio
|
·
Daftar cek atau skala penilaian (rubrik)
|
BACA JUGA
RAMBU-RAMBU/PEDOMAN
PENYUSUNAN DAN CONTOH DESKRIPSI PENCAPAIAN SIKAP, NILAI PENGETAHUAN, DAN NILAI
KETERAMPILAN PADA KURIKULUM 2013 EDISI
REVISI
A. Rambu-Rambu Pencapaian
Sikap
1. Deskripsi sikap terdiri atas sikap
yang sangat baik dan/atau sikap kurang baik yang memerlukan pembinaan dan
pembimbingan.
2. Deskripsi sikap menggunakan
kalimat yang bersifat memotivasi dengan pilihan kata/frasa yang bernada
positif. Hindari frasa yang bermakna kontras, misalnya: ... tetapi masih perlu
peningkatan dalam ... atau ... namun masih perlu bimbingan dalam hal ...
BACA PENJELASAN LENGKAP KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/pedoman-dan-contoh-deskripsi-pencapaian.html
B. Pedoman Deskripsi
pengetahuan
Pedoman: Deskripsi pengetahuan berisi
kompetensi yang sangat baik dikuasai oleh peserta didik dan/atau kompetensi
yang masih perlu ditingkatkan.
BACA PENJELASAN LENGKAP KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/pedoman-dan-contoh-deskripsi.html
A. Pedoman Deskripsi
Nilai Keterampilan
Deskripsi nilai keterampilan
berdasarkan nilai KD yang menonjol berdasarkan pencapaian KD pada KI-4 selama
satu semester.
BACA PENJELASAN LENGKAP KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/pedoman-dan-contoh-deskripsi-nilai.html